Kompetensi Guru Sains dalam Melaksanakan KTSP di SMP/MTs Negeri Kota Ende

Daud, Maimunah H. (2010) Kompetensi Guru Sains dalam Melaksanakan KTSP di SMP/MTs Negeri Kota Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maimunah-h-daud-08708251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; dan 2) Kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan survei. Subjek penelitian pada enam SMP/MTs Negeri yang terdiri atas 6 kepala sekolah, 26 guru-guru sains, dan 195 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menemukan bahwa: (1) Rerata skor penilaian kompetensi pedagogik guru sains SMP/MTs Negeri kota Ende untuk keenam sekolah tersebut adalah 66,75 (79,47%) berarti digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi pedagogik dengan sangat baik. (2) Rerata skor penilaian kompetensi professional guru sains SMP/MTs Negeri kota Ende untuk keenam sekolah tersebut adalah 31,33 (78,32%) berarti digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi profesional sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru sains, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Jan 2017 06:18
Last Modified: 14 Jan 2017 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45852

Actions (login required)

View Item View Item