EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM KKN-PPL BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Diantoro, Riyadi (2011) EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM KKN-PPL BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
00. COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB IV.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. LAMPIRAN 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. LAMPIRAN 2.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian standar kompetensi mahasiswa program KKN-PPL berdasarkan persepsi guru di SMK N 2 Yogyakarta yang dinilai dari delapan standar kompetensi mahasiswa program KKN-PPL yang telah ditetapkan oleh UPPL UNY. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tercapainya standar kompetensi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian sebanyak 23 guru pembimbing mahasiswa KKN-PPL di SMK N 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.0. Koefisien reliabilitas instrumen memahami karakteristik peserta didik sebesar 0,804 (sangat kuat), koefisien alpha untuk instrumen menguasai bidang studi sebesar 0,855 (sangat kuat), koefisien alpha untuk menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik sebesar 0,738 (kuat), koefisien alpha untuk memiliki kepribadian sebagai guru sebesar 0,870 (sangat kuat), koefisien alpha untuk memahami dinamika kehidupan sekolah sebesar 0,769 (kuat), koefisien alpha untuk memiliki kemampuan mengelola program kegiatan sebesar 0,518 (sedang), koefisien alpha untuk memiliki kemampuan pemberdayaan sekolah sebesar 0,895 (sangat kuat), dan koefisien alpha untuk memiliki potensi life skill sebesar 0,760 (kuat). Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian standar kompetensi mahasiswa KKN-PPL, ditinjau dari standar kompetensi: memahami karakteristik peserta didik tercapai 58,54 % (cukup); menguasai bidang studi tercapai 66,84 % (tinggi); menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik tercapai 62,5 % (tinggi); memiliki kepribadian (personality) sebagai guru tercapai 80,27 % (sangat tinggi); memahami dinamika kehidupan sekolah (lembaga) tercapai 55,16 % (cukup); memiliki kemampuan mengelola (managerial) program kegiatan tercapai 60,05 % (tinggi); memiliki kemampuan pemberdayaan sekolah tercapai 48,91 % (cukup) dan memiliki potensi life skill tercapai 52,89 % (cukup). Faktor pendukungnya adalah sebagian besar mahasiswa memiliki pengalaman dalam mengajar, dan faktor penghambatnya adalah mahasiswa kurang menguasai materi yang akan disampaikan. Kata kunci : standar kompetensi, mahasiswa kkn-ppl, smk n 2 yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45836

Actions (login required)

View Item View Item