PEMBINAAN AKTIVITAS OLAHRAGA (FISIK MOTORIK) DI PLAY GROUP DAN TAMAN KANAK-KANAK

Agus Supriyanto, M.Si (2010) PEMBINAAN AKTIVITAS OLAHRAGA (FISIK MOTORIK) DI PLAY GROUP DAN TAMAN KANAK-KANAK. Artikel PPM Prioritas Fakultas.

[img] Text
Agus Supriyanto.docx

Download (12kB)

Abstract

Pendidikan olahraga (fisik motorik) merupakan faktor yang sangat penting dalam usaha pengembangan jasmani anak prasekolah. Pengembangan olahraga (fisik motorik) anak melalui pendidikan jasmani prasekolah perlu mempergunakan metode yang menjamin anak dapat bergerak aktif tanpa mengalami cidera. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang aman dan menarik bagi anak. Melalui pembinaan aktivitas olahraga (Fisik Motorik) di Play Group dan Taman Kanak-Kanak diharapkan akan memberikan dasar pemikiran untuk mengkaji lebih spesifik dalam rangka pelaksanaan program pendidikan olahraga (fisik motorik) di Play Group dan TK. dengan adanya kegiatan ini para pendidik dapat memahami dan menerapkan kegiatan olahraga dalam pembelajaran di masing-masing Play Group dan TK untuk mengembangkan potensi karakteristik fisik motorik anak secara optimal. Dengan memanfaatkan sarana alat bermain dan permainan yang tersedia di Play Group dan TK serta disesuaikan dengan perkembangan dan pertumbuhan fisik anak usia Play Group dan TK. Pengembangan aspek motorik ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol dan melakukan koordinasi gerak tubuh, serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat dan terampil dalam bentuk aktivitas olahraga (Fisik Motorik).

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Prioritas Fakultas 2010
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, aktivitas olahraga (Fisik Motorik)
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:05
Last Modified: 07 Nov 2016 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43327

Actions (login required)

View Item View Item