PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BAGI GURU BK DI DIY UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKOLOGIS SISWA SMA SECARA DINI MENGHADAPI BENCANA ALAM

Siti, Rohmah Nurhayati, M.Si. and Kartika Nur, Fathiyah and Yulia Ayriza, M.Si. and Dr. MUH. NUR, WANGID, M. Si (2010) PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BAGI GURU BK DI DIY UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKOLOGIS SISWA SMA SECARA DINI MENGHADAPI BENCANA ALAM. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Siti Rohmah Nurhayati.docx

Download (14kB)

Abstract

Pelatihan dalam rangka kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diilatarbelakangi oleh keadaan Indonesia yang rawan bencana, sedangkan di sisi lain kesiapsiagaan terhadap bencana belum disosialisasikan secara luas termasuk di sekolah-sekolah. Penyebabnya antara lain, guru BK yang seharusnya dapat membantu mempersiapkan siswa menghadapi bencana alam belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan memadai dalam mempersiapkan siswa secara psikologis menghadapi bencana alam. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru BK dalam melakukan layanan bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan kesiapan psikologis siswa secara dini menghadapi bencana alam. Peserta pelatihan adalah 30 orang guru BK se DIY. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, yaitu tanggal 31 Juli, 2,4, dan 7 Agustus 2010 di Ruang Serbaguna Abdullah Sigit dan ruang sidang I FIP UNY. Metode yang digunakan adalah metode brainstorming, ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan, dan praktik. Pelatihan berlangsung cukup efektif. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang memenuhi batas minimal yang ditetapkan tim PPM, adanya peningkatan skor tes pemahaman siaga bencana pada saat postest sebesar 18,7 point. Semula, rerata skor pretest adalah 58,3 akhirnya meningkat menjadi 77. Dari proses dapat diketahui bahwa peserta menunjukkan antusiasme dan motivasi tinggi untuk mengikuti pelatihan. Selain itu ada motivasi tinggi peserta untuk menerapkan hasil pelatihan pada siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2010
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kesiapan Psikologis, Bencana
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:49
Last Modified: 07 Nov 2016 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43291

Actions (login required)

View Item View Item