Model Pembelajaran KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif) untuk Mengatasi Rendahnya Partisipasi Belajar Siswa

Saliman, M. Pd and Sutirman, - (2010) Model Pembelajaran KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif) untuk Mengatasi Rendahnya Partisipasi Belajar Siswa. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Saliman.docx

Download (12kB)

Abstract

Kegiatan PPM Unggulan ini bertujuan untuk: meningkatkan partisipasi belajar siswa SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan meningkatkan kemampuan guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengembangkan model pembelajaran KIP. Khalayak sasaran dari kegiatan PPM ini adalah para guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang tergabung dalam MGMP Administrasi Perkantoran propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan PPM Unggulan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam PPM Unggulan ini meliputi: persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil dari kegiatan PPM Unggulan ini adalah berupa Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP) yang terdiri dari tahap Orientasi, Eksplorasi, Interpretasi, Re-Kreas, dan Implementasi. Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut disosialisasikan dalam bentuk pelatihan kepada 37 orang guru SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh peserta pelatihan memberikan penilaian baik terhadap pelaksanaan PPM dan model pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2010
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:38
Last Modified: 04 Nov 2016 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43229

Actions (login required)

View Item View Item