Saliman, M. Pd and Sutirman, - (2010) Model Pembelajaran KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif) untuk Mengatasi Rendahnya Partisipasi Belajar Siswa. Artikel PPM Unggulan.
![]() |
Text
Saliman.docx Download (12kB) |
Abstract
Kegiatan PPM Unggulan ini bertujuan untuk: meningkatkan partisipasi belajar siswa SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan meningkatkan kemampuan guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengembangkan model pembelajaran KIP. Khalayak sasaran dari kegiatan PPM ini adalah para guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang tergabung dalam MGMP Administrasi Perkantoran propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan PPM Unggulan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam PPM Unggulan ini meliputi: persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil dari kegiatan PPM Unggulan ini adalah berupa Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP) yang terdiri dari tahap Orientasi, Eksplorasi, Interpretasi, Re-Kreas, dan Implementasi. Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut disosialisasikan dalam bentuk pelatihan kepada 37 orang guru SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh peserta pelatihan memberikan penilaian baik terhadap pelaksanaan PPM dan model pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Akhir PPM Unggulan 2010 |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 04:38 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 04:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |