PENGEMBANGAN LKPD MATERI SISTEM EKSKRESI PADA GINJAL DENGAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 PIYUNGAN

Nastiti, Chusnindiyah Sari (2016) PENGEMBANGAN LKPD MATERI SISTEM EKSKRESI PADA GINJAL DENGAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 PIYUNGAN. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: 1) mengetahui kualitas hasil pengembangan LKPD dengan pendekatan authentic inquiry learning dari beberapa ahli dan guru IPA, 2) mengetahui ketercapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP yang menggunakan LKPD IPA dengan pendekatan authentic inquiry learning, 3) mengetahui ketercapaian sikap ingin tahu peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP dengan menggunakan LKPD pendekatan authentic inquiry learning. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate), tetapi tahap ini tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan berbagai hal lainnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA dengan pendekatan authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan pemecahan masalah, soal pretest kemampuan pemecahan masalah, soal posttest kemampuan pemecahan masalah dan angket respon peserta didik terhadap sikap ingin tahu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. LKPD IPA yang telah divalidasi dilakukan uji coba produk di kelas VIII D SMP N 1 Piyungan dengan jumlah 25 peserta didik. Uji coba produk dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan pemecahan masalah dan sikap ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian ini (1) LKPD IPA dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning judul Sistem Ekskresi pada Ginjal dari dosen ahli dan guru IPA termasuk ke dalam kategori sangat baik, (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pertemuan ketiga termasuk ke dalam kategori baik dan dengan gain score termasuk ke dalam kategori sedang, (3) sikap ingin tahu peserta didik termasuk ke dalam kategori kuat. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Authentic Inquiry Learning, Pemecahan masalah, Sikap ingin tahu. ABSTRACT The research’s purposes are : (1) to know the quality of student’s worksheets within authentic inquiry learning approach by votes of some expert lectures and science teachers, (2) know the students achievement of problem solving skill using student worksheets within authentic inquiry learning approach, (3) know the students achievement of curiousity skill using student worksheets within authentic inquiry learning approach. This development reasearch, equipped of 4D model, i.e : define, design, develop and disseminate (this model are not applied by this research because of the limited time and sources). Instruments being on this research are : validation of student’s worksheets development within authentic inquiry learning approach, problem solving observation sheet, problem solving pretest, problem solving posttest and questionnaire of curiousity skill. This research using descriptive analysis technic. Quality test of this product already implemented in Piyungan 1 Junior High School grade two with 25 students to develop problem solving and curiousity skill. Results of this research are : (1) student’s worksheets development using authentic inquiry learning approach got very good category by votes of some lectures and some science teachers, (2) students problem solving skill by the studying experience using authentic inquiry learning approach include in good category, by the gain score include in medium category, (3) students curiousity include in strong category. Key Words : Developments, Student Worksheets, Authentic Inquiry Learning, Prblem Solving Skill, Curiousity.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43159

Actions (login required)

View Item View Item