PELATIHAN KOMPUTER BERBASIS USER NEEDS ASSESMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Andayani, Sri and Hernawati, Kuswari and Wijaya, Ariyadi and Setyaningrum, Wahyu (2010) PELATIHAN KOMPUTER BERBASIS USER NEEDS ASSESMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel PPM Reguler.

[img] Text
Sri Andayani.docx

Download (17kB)

Abstract

Kegiatan pelatihan komputer ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) pengetahuan dan ketrampilan guru SD dalam hal pemanfaatan software yang telah dikenal dan Internet untuk kegiatan pembelajaran, 2). keprofesionalan guru SD dalam hal penguasaan ketrampilan komputer, dan 3). mutu proses pembelajaran dan proses yang terkait yang dilakukan oleh guru SD. Sebelum kegiatan ini diselenggarakan, tim pengabdi menyebarkan angket user needs assessment untuk penjaringan data. Angket dikirimkan kepada 76 SD di 5 kabupaten di DIY dan 47 angket diterima kembali oleh tim pengabdi. Dari hasil angket diperoleh informasi bahwa sebagian besar guru berpendapat bahwa ketrampilan penguasaan komputer dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Kegiatan pelatihan diselenggarakan pada tanggal 30 dan 31 Juli 2010 di Laboratorium Komputer lt 2, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, selama 15 jam, mulai jam 07.30-16.00 WIB. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 35 guru sekolah dasar ini, tim pengabdi melakukan ceramah, praktek pelatihan dan diskusi – konsultasi. Materi pelatihan meliputi: pengolahan dokumen dengan Microsoft Word, pengolahan data dengan Microsoft Excel, pemanfaatan Internet, dan pembuatan media pembelajaran dengan Microsoft Power Point. Kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dikatakan berhasil memenuhi tujuannya. Salah satu faktor pendukung keberhasilan ini adalah semangat para guru SD yang sangat ingin meningkatkan kompetensinya dalam penguasaan komputer dan teknologi informasi. Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1). Materi yang disampaikan dalam pelatihan sangat dibutuhkan oleh guru SD untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan administrasinya, 2). guru SD dapat mengoptimalkan performa software komputer yang telah dikenal untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan administrasi dengan mengeksplorasi fitur-fitur yang belum banyak digunakan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Reguler 2010
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:29
Last Modified: 15 Oct 2019 05:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43044

Actions (login required)

View Item View Item