Workshop Guru SD untuk Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak-anak Berwawasan “Salingtemas” Pasca Erupsi Gunung Merapi

Yuliati, M.Kes. and Triatmanto, M.Si. and Tutiek, Rahayu and Kartika Ratna, Pertiwi (2011) Workshop Guru SD untuk Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak-anak Berwawasan “Salingtemas” Pasca Erupsi Gunung Merapi. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Yuliati.docx

Download (13kB)

Abstract

Kegiatan workshop ini di bertujuan dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan Guru SD dalam menyusun RPP Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) menggunakan pendekatan “salingtemas” di kawasan Gunung Merapi, mengembangkan bahan ajar PHBS berwawasan “salingtemas”, dan dapat mengimplementasikan RPP di sekolah dalam bentuk lomba “dokter kecil” UKS antar sekolah. Metode-metode yang digunakan selama workshop adalah ceramah interaktif, diskusi kelompok tentang PHBS, workshop dan implementasi RPP PHBS “salingtemas”, pendampingan oleh Tim Pengabdi, praktek pengelolaan obat dasar UKS dan Lomba “dokter kecil” UKS antar Sekolah. Kegiatan berlangsung selama 36 jam efektif , dari 26 Juli hingga 11 Oktober 2011 di SD Karanganyar Ngemplak dan Kantor UPT Diknas Ngemplak Sleman DIY. Adapun peserta workshop terdiri dari 36 Guru dan Kepala sekolah SD se-Kecamatan Ngemplak, 44 siswa SD klas 4, 5, 6 sebagai “dokter kecil” dari 22 sekolah .dan 12 Guru Pendamping Siswa. Hasil kegiatan PPM ini sangat baik yaitu ditinjau dari kehadiran peserta, output berupa 22 RPP PHBS “salingtemas” yang telah diimplementasikan di SD masing-masing, peningkatan pengetahuan dan keterampilan Guru tentang PHBS nampak dari rata-rata hasil test yang meningkat yaitu dari nilai 53 meningkat menjadi 78 dan pembinaan 44 siswa sebagai “dokter kecil” berasal dari 22 sekolah SD melalui “lomba” untuk juara I, juara II, juara III diberi trophy Rektor UNY dan uang pembinaan, serta hasil evaluasi kemanfaatan dengan kategori sangat bermanfaat, telah melampaui batas minimal indikator yang ditetapkan. Dengan demikian kegiatan PPM ini dikatakan berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat bagi peserta.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS) dan “Salingtemas”
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:02
Last Modified: 24 Oct 2016 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42668

Actions (login required)

View Item View Item