Pelatihan Pembuatan Media Digital Story Telling (DST) Berbasis Subject Specific Pedagogy (SSP) Bagi Guru SMK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sebagai Penunjang Program PPG

Sugi Rahayu, M.Pd. and Pujianto, - and Dyah, Purwaningsih (2011) Pelatihan Pembuatan Media Digital Story Telling (DST) Berbasis Subject Specific Pedagogy (SSP) Bagi Guru SMK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sebagai Penunjang Program PPG. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Sugi Rahayu.docx

Download (33kB)

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan tentang konsep dasar, teori dan prinsip mengenai cara mengembangkan media pembelajaran berbasis Subject Specific Pedagogy (SSP) di kelas; 2) Meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam mengembangkan media pembelajaran di kelas; dan 3) Meningkatkan motivasi peserta pelatihan untuk mengembangkan media pembelajaran di kelas. Adapun media pembelajaran difokuskan pada media Digital Story Telling (DST). Sasaran program ini adalah guru-guru SMK kelompok bisnis dan manajemen di lingkungan sekitar Fakultas Ilmu Sosial UNY. Program diselenggarakan dengan metode ceramah, diskusi-informasi, workshop, dan disseminasi terbatas. Sebanyak 34 guru SMK terlibat dalam program ini dengan pemilihan peserta menggunakan proporsional random sampling. Setiap SMK diwakili oleh 2 sampai 3 guru dalam satu rumpun bidang ilmu. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa pengetahuan peserta mengenai pengembangan media pembelajaran meningkat. Hal ini terlihat dari hasil analisis ketika dilakukan diskusi antar peserta. Program juga telah berhasil meningkatkan keterampilan peserta dalam mengembangkan media pembelajaran DST. Sebanyak 3 buah media berhasil dikembangkan oleh peserta. Respon dan motivasi para peserta untuk mengembangkan media DST juga menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, guru SMK, DST
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:18
Last Modified: 21 Oct 2016 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42602

Actions (login required)

View Item View Item