Dr. MUH. NUR, WANGID, M. Si and Isti Yuni, Purwanti and Sugiyatno, Sugiyatno and Kartika Nur, Fathiyah (2011) Pelatihan Bagi Guru Dalam Menerapkan Bimbingan Kelompok (Group Activity) Untuk Mengatasi Burnout Bersekolah Pada Siswa Sekolah Dasar. Artikel PPM Unggulan.
![]() |
Text
Muhammad Nur Wangid.docx Download (12kB) |
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman tentang burnout bersekolah, dan layanan bimbingan kelompok, serta meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan bimbingan kelompok untuk mengurangi burnout bersekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan, simulasi, dan praktek langsung kepada siswa (pendampingan). Pelatihan untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap burnout dan bimbingan kelompok, sedangkan simulasi dan praktek dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memberikan layanan bimbingan kelompok. Khalayak sasaran adalah guru sekolah dasar di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang berjumlah 64 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terjadi peningkatan pemahaman tentang burnout bersekolah dan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dengan 57 peserta (89%) meningkat pemahamannya, dan 7 peserta (10%) tidak mengalami perubahan. Demikian pula, keterampilan guru dalam menerapkan bimbingan kelompok untuk mengurangi burnout bersekolah juga meningkat hal ini dilihat dari penilaian secara kualitatif selama proses simulasi sampai dengan pendampingan nampak bahwa 60 peserta (93,75%) menunjukkan keterampilannya meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Akhir PPM Unggulan 2011 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok (Group Activity); Burnout Bersekolah |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 03:25 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 03:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |