PELATIHAN PENILAIAN OTENTIK BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Maman Suryaman, Dr. (2011) PELATIHAN PENILAIAN OTENTIK BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Maman Suryaman.docx

Download (16kB)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia sekolah menengah pertama di Provinsi DIY dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan kontekstual dan menyusun instrumen penilaian otentik. Metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya dengan pendekatan andragogi dan pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses kegiatan sesuai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapinya di sekolah. Kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 88 guru bahasa Indonesia. Hasilnya, peserta pelatihan dapat mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan kontektual yang diwujudkan dalam bentuk RPP. Di samping itu, peserta juga dapat menyusun instrumen penilaian otentik yang terkait dengan rencana pembelajaran yang disusunnya. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini serta merasa telah mendapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, penilaian otentik, guru bahasa Indonesia
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Oct 2016 11:06
Last Modified: 20 Oct 2016 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42573

Actions (login required)

View Item View Item