Miftahuddin, M.Hum and Danar Widiyanta, M. Hum and Setyawan, Pujiono (2014) PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU (USTADZ) DAN PENGEMBANGAN MANAGEMEN TPA DI DUSUN SEKARO, DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULONPROGO. [Experiment/Research]
Text
Abstrak.docx Download (24kB) |
|
Text
Cover PPM Puslit.docx Download (94kB) |
|
Text
Laporan HASIL PPM Puslit.docx Download (45kB) |
Abstract
Sesuai dengan pasal 3 Undang-undang No. 20 tentang Sisdiknas, bahwa fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berkaitan dengan hal tersebut, maka keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), sebagaimana yang terdapat di Dusun Sekaro, sangatlah penting. Keberdaan TPA dapat membantu mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, terutama dalam rangka mencetak generasi yang berakhlal mulia. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah, pertama, pelatihan pendidikan guru (ustadz dan ustadzah) dan pelatihan managerial para pengurus TPA, yaitu dengan melakukan diskusi dan membahas format managerial sederhana bagi pengelolaan TPA. Kedua, pelatihan pembelajaran untuk guru (ustadz dan ustadzah) TPA. Dalam hal ini menawarkan konsep-konsep dan alternatif metode pembelajaran yang efektif dan efisien, dengan mengenalkan konsep-konsep pembelajaran bermakna. Setelah itu, para peserta langsung diajak praktik sehingga dapat mengidentifikasi kemungkinan untuk melaksanakan konsep-konsep tersebut. Ketiga, penyelenggaraan semacam Parenting School bagi para orang tua wali murid (santri). Inti dalam kegiatan ini adalah penyadaran kepada orang tua akan pentingnya pendidikan, terutama pendidikan moral, terhadap anak-anak mereka. Harapannya adalah dapat para orang tua secara langsung dapat mendukung terselengaranya TPA dan kemajuan TPA. Keempat, melakukan pendampingan. Dengan pegabdian ini masyarakat Dusun Sekaro merasa terbantu dan diperhatikan oleh UNY khususnya terkait dengan pendidikan. Mereka tampaknya juga tergugah betapa pentingnya pendidikan ini. Dengan program PPM ini masyarakat Dusun Sekaro pada umumnya memperoleh suatu yang baru terutama terkait dengan bagaimana pengembangan TPA dilakukan dalam rangka menjaga eksistensinya, karena diketahui dan hal ini tidak hanya di Dusun Sekaro bahwa keberadaan pendidikan TPA adalah antara mati dan hidup. Antusias para peserta pelatihan baik dari guru dan calon guru TPA maupun orang tua wali santri menjadikan optimisme tersendiri bagi pengembangan TPA di Dusun Sekaro. Pada akhirnya pelatihan ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan tambahan ilmu dan wawasan yang berharga baik bagi peserta maupun bagi tim pengabdi.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Akhir PPM Pusat Studi 2014 |
Uncontrolled Keywords: | Dusun Sekaro, Kemampuan Guru, Managemen TPA, dan Pelatihan |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 02:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42454 |
Actions (login required)
View Item |