PENANGANAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR BERBASIS AKOMODASI PEMBELAJARAN

Sari Rudiyati, . (2010) PENANGANAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR BERBASIS AKOMODASI PEMBELAJARAN. [Experiment/Research]

[img] Text
15_Sari_Rudiati.doc

Download (28kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian adalah menghasilkan suatu model penannganan Anak Berkesulitan Belajar (ABB) berbasis akomodasi belajar.Tujuan khusus penelitian adalah menghasilkan buku panduan penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis akomodasi belajar. Dalam mencapai tujuan, penelitian ini mempunyai beberapa target yang terbagi ke dalam tiga tahun penelitian sebagai berikut: a. Target Tahun Pertama: 1) Diperolehnya data awal mengenai kondisi dan karakteristik Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar; 2) Diketahuinya kebutuhan khusus dalam pembelajaran Anak Berkesulitan Belajar; 3) Diketahuinya persepsi guru tentang permasalahan belajar pada Anak Berkesulitan Belajar; 4) Diperolehnya data kajian hipotetik mengenai penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis akomodasi pembelajaran; 5) Disusunnya draft awal model hipotetik dalam buku panduan penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis akomodasi pembelajaran; 6) Melakukan uji coba permulaan (uji coba terbatas) untuk menyempurnakan model hipotetik awal. b.Target Tahun Kedua : 1)Tersusunnya draft-2 dan draft-final buku panduan penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis akomodasi pembelajaran melalui validasi dan uji-coba utama serta uji-coba operasional terhadap subyek di lapangan; 2) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam memberikan akomodasi pembelajaran kepada Anak Berkesulitan Belajar 3) Diperolehnya model penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis akomodasi pembelajaran yang sesuai dengankondisi dan kebutuhan belajar Anak Berkesulitan Belajar.c.Target Tahun Ketiga: Implementasi dan diseminasi produk (Model dan buku panduan penanganan Anak Berkesulitan Belajar) dilakukan melalui kerjasama dengan instansi terkait. Penelitian ini merupakan penelitian danpengembangan model penanganan ABB berbasis akomodasi pembelajaran yang diadopsi dari model pengembangan Borg dan Gall (2003) .Teknik pengumpulan data digunakan : teknik Delphi, Diskusi Kelompok Terfokus (FGD), angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Analisis data dengan teknik analisis deskriptif. Temuan hasil penelitian ini adalah : (1) Pada tahun pertama: (a) Penanganan Anak Berkesulitan Belajar (ABB) masih belum dilaksanakan secara memadai, artinya belum memberikan solusi yang baik untuk melakukan akomodasi pembelajaran bagi ABB secara spesifik.; (b) Persepsi dan harapan guru terhadap permasalahan belajar pada Anak Berkesulitan Belajar(ABB) masih kurang positif(c) Model hipotetik dan draft produk penanganan ABB berbasis akomodasi pembelajaran yang telah diujicoba pendahuluan, hasilnya dapat dikembangkan lebih lanjut; (2) Pada tahun kedua model dan produk telah divalidasi dalam uji utama dan uji operasional dan dinyatakan fit dan efektif sebagai model dan panduan para guru sekolah dasar. Keefektifan model dan produk penanganan Anak Berkesulitan Belajar (ABB) dapat dibuktikan dengan adanya indikator bahwa para guru sekolah dasar telah menerapkan model dan produk yang berupa buku panduan dalam fleksibilitas pembelajaran ABB. Kata-kata kunci: Anak Berkesulitan Belajar/ABB; akomodasi pembelajara

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Date Deposited: 15 Aug 2012 01:48
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item