MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFT SKILLS UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK TUNALARAS DI SEKOLAH LUAR BIASA

Purwandari, Dra., M. Si. (2007) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFT SKILLS UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK TUNALARAS DI SEKOLAH LUAR BIASA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Purwandari.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis soft skills dalam upayanya mengembangkan kecakapan sosial anak Tunalaras. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunalaras yang ber¬sekolah di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Subyek berjumlah tiga orang yang sedang duduk di kelas D5. Dua subyek berjenis ke¬lamin laki-laki dan satu subyek berjenis kelamin perempuan. Dua orang subyek tinggal di asrama dan satu subyek lainnya tinggal bersama orangtuanya. Usia subyek berkisar antara 11 tahun sampai 13 tahun. Design penelitian yang digunakan adalah design peneliti¬an tindakan dengan pendekatan kualitatif. Pembelajaran berbasis soft skills dengan menggunakan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bina Diri Sosial. Pembelajaran diberikan tiga kali pertemuan dalam seminggu dan diberikan selama dua minggu, yakni pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Durasi waktu yang digunakan setiap pertemuan 2 x 40 menit. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen untuk mengungkap ke¬cakap¬an sosial dengan menggunakan check-list. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis soft skills cukup efektif untuk mengembangkan kecakapan sosial anak tunalaras. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis soft skills dengan penekanan pada metode yang inter¬aktif dan komunikatif dapat mengembangkan keterampilan ber¬ko¬mu¬nikasi, pemahaman terhadap norma, kemampuan bekerja¬sama, mengelola konflik dan kemampuan berpartisipasi anak tunalaras. FIP, 2007 (PEND. LUAR BIASA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Date Deposited: 15 Aug 2012 01:48
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item