PENGEMBANGAN MODEL PENDIDKAN KECAKAPAN HIDUP BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Endang Supartini, M. Pd. (2006) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDKAN KECAKAPAN HIDUP BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Endang_Supartini.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan model substansi/materi pendidikan kecakapan hidup bagi anak tunagrahita ringan di SLB tingkat sekolah dasar, 2) Menghasilkan modul buku pegangan guru tentang pendidikan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak tunagrahita ringan di kelas dasar 1 sampai 3 yang telah divalidasi, 3) Tersosialisasinya buku pegangan guru tentang pen¬didikan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak tunagrahita ringan kelas dasar 1 sampai 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Pengambilan sampel secara purposive, lokasi penelitian di SLB Negeri 1 Yogyakarta dan SLB Marsudi Putra 2 Pandak Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara mendalam, dan semi structured discussion dengan guru, orangtua siswa, dan pengawas SLB. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mengatur, mengurutkan, meng¬kategorikan data, sehingga dapat didiskripsikan aspek yang diteliti. Hasil penelitian menemukan: 1) Pengembangan model substansi pendidikan kecakapan hidup bagi anak tunagrahita sebagai berikut (a) mengkaji teori tentang kecakapan hidup bagi anak tunagrahita, (b) mengkaji GBPP Bina Diri bagi anak tuna¬grahita, (c) mengidentifikasi visi, misi, dan lingkungan sekolah, (d) mengidentifikasi harapan orangtua, (e) mengidentifikasi kemampu¬an dan potensi siswa, 2) Telah tersusun modul pegangan guru yang telah divalidasi oleh ahli media, dan pengkaji materi dari staff akademisi yang mendalami pendidikan anak tunagrahita, kepala sekolah dan guru-guru SLB, 3) Modul buku pegangan guru telah disosialisasikan ke beberapa SLB, dan beberapa buku diletakkan di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Kata kunci: model pendidikan kecakapan hidup, anak tunagrahita. FIP, 2006 (PEND. LUAR BIASA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:46
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item