Endang Supartini, M. Pd. (2006) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDKAN KECAKAPAN HIDUP BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
|
Text
Endang_Supartini.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan model substansi/materi pendidikan kecakapan hidup bagi anak tunagrahita ringan di SLB tingkat sekolah dasar, 2) Menghasilkan modul buku pegangan guru tentang pendidikan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak tunagrahita ringan di kelas dasar 1 sampai 3 yang telah divalidasi, 3) Tersosialisasinya buku pegangan guru tentang pen¬didikan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak tunagrahita ringan kelas dasar 1 sampai 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Pengambilan sampel secara purposive, lokasi penelitian di SLB Negeri 1 Yogyakarta dan SLB Marsudi Putra 2 Pandak Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara mendalam, dan semi structured discussion dengan guru, orangtua siswa, dan pengawas SLB. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mengatur, mengurutkan, meng¬kategorikan data, sehingga dapat didiskripsikan aspek yang diteliti. Hasil penelitian menemukan: 1) Pengembangan model substansi pendidikan kecakapan hidup bagi anak tunagrahita sebagai berikut (a) mengkaji teori tentang kecakapan hidup bagi anak tunagrahita, (b) mengkaji GBPP Bina Diri bagi anak tuna¬grahita, (c) mengidentifikasi visi, misi, dan lingkungan sekolah, (d) mengidentifikasi harapan orangtua, (e) mengidentifikasi kemampu¬an dan potensi siswa, 2) Telah tersusun modul pegangan guru yang telah divalidasi oleh ahli media, dan pengkaji materi dari staff akademisi yang mendalami pendidikan anak tunagrahita, kepala sekolah dan guru-guru SLB, 3) Modul buku pegangan guru telah disosialisasikan ke beberapa SLB, dan beberapa buku diletakkan di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Kata kunci: model pendidikan kecakapan hidup, anak tunagrahita. FIP, 2006 (PEND. LUAR BIASA)
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa LPPM |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:46 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4161 |
Actions (login required)
View Item |