Evaluasi Sistem Penilaian Hasil Belajar pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Ismiyati, Ismiyati (2011) Evaluasi Sistem Penilaian Hasil Belajar pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismiyati-08701251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sekaligus melakukan evaluasi pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, khususnya terkait dengan: (a) perencanaan penilaian, (b) pelaksanaan penilaian, dan (c) tindak lanjut hasil penilaian; dan 2) mengetahui model sistem penilaian hasil belajar pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dan sampel penelitian adalah respon dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dalam penelitian ini respon dosen diambil sampel secara acak proporsional, sedangkan respon mahasiswa diambil sampel secara acak proporsional berdasarkan jumlah populasi pada strata dan klaster. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan didukung pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Stufflebeam models) dengan berfokus pada komponen Input, Process dan Output. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data item kuesioner dilakukan dengan program microcat Iteman, analisis tingkat kecenderungan dengan program SPSS 16.0, dan analisis model dengan program SEM (Lisrel 8.54). Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan penilaian yang dilaksanakan dosen, menurut mahasiswa dalam kategori baik dan menurut dosen juga dalam kategori baik; 2) pelaksanaan penilaian yang dilaksanakan dosen, menurut mahasiswa dalam kategori baik dan menurut dosen juga dalam kategori baik; 3) tindak lanjut hasil penilaian yang dilaksanakan dosen, menurut dosen dalam kategori baik, sedangkan menurut mahasiswa dalam kategori kurang; 4) model sistem penilaian hasil belajar berdasarkan data dosen menunjukkan cocok/sesuai dengan data; dan 5) model sistem penilaian hasil belajar berdasarkan data mahasiswa menunjukkan cukup cocok/sesuai dengan data.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, sistem penilaian, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2016 10:50
Last Modified: 03 Aug 2022 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41498

Actions (login required)

View Item View Item