Asesmen Kinerja Guru Non PNS di SMAN Kabupaten Banjarnegara dan Faktor yang Mempengaruhinya

Tsalistiani, Hestin (2011) Asesmen Kinerja Guru Non PNS di SMAN Kabupaten Banjarnegara dan Faktor yang Mempengaruhinya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hestin-tsalistiani-06701251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru non PNS SMAN di Kabupaten Banjarnegara dilihat dari kepribadian, dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, dan membangun komunikasi dengan siswa, dan (2) pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja guru non PNS SMAN di Kabupaten Banjarnegara. Faktor internal meliputi: motivasi, minat, dan kompetensi sedangkan faktor eksternal meliputi: lingkungan kerja, sarana dan prasarana, dan imbalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang melibatkan enam variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel motivasi sebagai variabel independen satu (X1), variabel minat sebagai variabel independen dua (X2), variabel kompetensi sebagai variabel independen tiga (X3), variabel lingkungan kerja sebagai variabel independen empat (X4), variabel sarana sebagai variabel independen lima (X5), variabel imbalan sebagai variabel independen enam (X6), dan variabel kinerja guru non PNS SMAN di Kabupaten Banjarnegara sebagai variabel dependen (Y). Subjek penelitian ini adalah semua guru non PNS yang melaksanakan tugas di SMA Negeri Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, sebanyak 104 orang guru. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kinerja guru non PNS SMAN di Kabupaten Banjarnegara berdasarkan data dari guru berada dalam kategori sangat tinggi, sedangkan jika berdasarkan data dari kepala sekolah kinerja guru non PNS di Kabupaten Banjarnegara berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis deskriptif kinerja guru yang meliputi kepribadian guru, kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, dan membangun komunikasi dengan siswa, masing-masing dipersepsikan dalam kategori sangat tinggi. Kinerja guru non PNS berada dalam kategori sangat tinggi, maka dapat dikatakan bahwa kinerja guru non PNS adalah baik. Kinerja guru akan berdampak pada mutu pendidikan sehingga jika kinerja guru baik (berkualitas) maka akan meningkatkan mutu pendidikan. Kinerja guru yang baik menunjukkan kinerja yang maksimal dalam menjalankan tugasnya. (2) Motivasi, minat, kompetensi, lingkungan kerja, sarana, dan imbalan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru non PNS SMAN di Kabupaten Banjarnegara secara terpisah dan motivasi, kompetensi, sarana secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: asesmen, kinerja, guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2016 10:00
Last Modified: 05 Oct 2022 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41496

Actions (login required)

View Item View Item