KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Laili, Ulfah Kurnia (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran reciprocal teaching dalam (1) peningkatan penguasaan konsep IPA materi pencemaran lingkungan, (2) peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu tentang pembelajaran IPA dengan desain non equivalent control group design. Desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Banguntapan yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling diundi dua kelas dari delapan kelas.Diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas G sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan berkomunikasi, dan soal pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep IPA menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 16. Uji-t digunakan untuk mengetahui signifikansi perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan (1) penguasaan konsep IPA secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,001<0,05, (2) keterampilan berkomunikasi siswa secara signifikan ditunjukkan dengan nilai sig 0,001<0,05. Kata kunci : Keefektifan, keterampilan berkomunikasi, penguasaan konsep IPA, pembelajaran langsung, reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:14
Last Modified: 15 Aug 2016 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39620

Actions (login required)

View Item View Item