Noni Istifar Rina, Noni Istifar Rina (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 TEMPEL Jalan Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
3. Isi Laporan.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa khusunya jurusan pendidikan dalam melatih dan meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran nyata di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar di sekolah dan diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Tempel khususnya seluruh siswa SMK Negeri 1 Tempel. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sedikit berbeda dari PPL di tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan PPL hanya difokuskan pada praktek mengajar terbimbing, di mana mahasiswa terjun secara langsung di lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar, dan melakukan berbagai tindakan kelas baik saat teori maupun praktikum dengan didampingi oleh guru yang mengampu pelajaran tersebut. Diharapkan dengan mahasiswa mendapatkan pengalaman tersebut, mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Secara umum, program–program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar namun dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL UNY, Mahasiswa, SMK Negeri 1 Tempel |
Subjects: | Prosiding LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 07:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36426 |
Actions (login required)
View Item |