LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 TEMPEL Jalan Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman

Noni Istifar Rina, Noni Istifar Rina (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 TEMPEL Jalan Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Isi Laporan.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa khusunya jurusan pendidikan dalam melatih dan meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran nyata di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar di sekolah dan diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Tempel khususnya seluruh siswa SMK Negeri 1 Tempel. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sedikit berbeda dari PPL di tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan PPL hanya difokuskan pada praktek mengajar terbimbing, di mana mahasiswa terjun secara langsung di lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar, dan melakukan berbagai tindakan kelas baik saat teori maupun praktikum dengan didampingi oleh guru yang mengampu pelajaran tersebut. Diharapkan dengan mahasiswa mendapatkan pengalaman tersebut, mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Secara umum, program–program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar namun dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, Mahasiswa, SMK Negeri 1 Tempel
Subjects: Prosiding
LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 07:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36426

Actions (login required)

View Item View Item