REKAYASA CNC TURNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CNC

BAMBANG, SETIYO HARI PURWOKO and Edi, Purnomo (2015) REKAYASA CNC TURNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CNC. [Experiment/Research]

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (36kB)
[img] Text
BAB 1-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2-2015.doc

Download (69kB)
[img] Text
BAB 2-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2-2015.doc

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2- 2015.doc

Download (32kB)
[img] Text
BAB 4-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2-2015.doc

Download (122kB)
[img] Text
BAB 5-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2-2015.doc

Download (43MB)
[img] Text
BAB 6-HASIL-HIBAH BERSAING TH 2-2015.doc

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.doc

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.doc

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (32kB)
[img] Text
SAMPUL LAPORAN TAHUNAN.doc

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan sebuah prototype CNC Turning yang mampu menjadi substitusi mesin bubut CNC, (2) Mengetahui kelayakan Prototype CNC Turning sebagai media pembelajaran CNC Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang langkah-langkahnya mengikuti model R&D (Research and Development) yang dikemukakan Walter R. Borg, dan Meredith D. Gall. Sebagai objek penelitian pengembangan adalah rekayasa CNC Turning yang meliputi; (1) pembuatan dan perakitan sistem mekanik Turning Machine; (2) koneksi antara sistem mekanik turning dan modul rangkaian elektronik sistem pengendali; dan (3) pengujian hasil rakitan sistem mekanik Turning dan (4) pengujian hasil koneksi sistem mekanik Turning dengan modul-modul sistem kontrol /pengendali. Pengumpulan data dilakukan dengan pengujian geometris. Alat-alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar pengujian geometris, vernier caliper (jangka sorong), dan dial indicator (jam ukur). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prototype CNC Turning berhasil diwujudkan sesuai rancangan. Pengujian geometris menunjukkan (a) kesejajaran sumbu spindel utama prototype CNC Turning pada arah vertikal terdapat penyimpangan +0,02mm pada jarak pergeseran 0 sampai 50mm, dan +0,04mm pada pergeseran 50mm sampai dengan 100mm, (b) pada arah harisontal, terdapat penyimpangan -0,13mm pada jarak pergeseran dari 0 sampai dengan 50mm, dan -0,26mm pada jarak pergeseran dari 50mm sampai 100mm; (2) Pengujian hasil koneksi menunjukkan prototype CNC Turning dapat menginisiasi perintah (masukan) dengan benar. Untuk gerak maju, mundur, ke kiri dan ke kanan sepanjang 20 mm, gerak aktualnya adalah 19,90mm yang berarti terdapat penyimpangan sebesar 0,10mm; (3) Hasil pengujian untuk pembubutan benda kerja, Prototype CNC Turning menunjukkan kinerja sangat baik, mampu memeragakan proses bekerjanya suatu mesin bubut ketika digunakan untuk pembuatan suatu produk; (4) prototype CNC Turning sebagai alat bantu/media pembelajaran mampu; (a) memeragakan proses bekerjanya mesin CNC seperti pemasukan program NC, ekskusi program NC (dalam bentuk grafik lintasan pahat dan proses pemesinan benda kerja); (b) menyediakan pengalaman mengoperasikan mesin CNC yang tidak menimbulkan rasa takut karena berukuran relatif kecil (mini); (c) memeragakan kode-kode perintah yang merupakan bahan utama dalam pembelajaran CNC.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pembelajaran CNC, prototype CNC turning
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 09 Jul 2016 19:48
Last Modified: 09 Jul 2016 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36024

Actions (login required)

View Item View Item