LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP NEGERI 2 BANTUL

Yuni Perwitasari, Yuni Perwitasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP NEGERI 2 BANTUL. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
2. Cover dalam.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. i-viii.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kamampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis, oleh karena itu pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2013 yang berlokasi di SMP N 2 Bantul, mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2013 sampai tanggal 16 September 2013. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, presentasi. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi gambar, video, serta LKS. Hasil dari kegiatan PPL, yaitu praktik mengajar sebanyak 45 kali tatap muka di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VIII A, VIII B, VIIIC, VIII D, VIII E, VIII F, IX A, IX B, IX D, IX E, dan IX F. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar yaitu pengelolaan kelas.karena siswa sulit dikendalikan. Tetapi praktikan selalu berusaha mengatasi agar kegiatan PPL tetap terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan KKN-PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Kegiatan PPl, Hasil Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:02
Last Modified: 17 Jun 2016 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34965

Actions (login required)

View Item View Item