PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETEKNIKAN BERDASARKAN PENDEKATAN SIKLUS BELAJAR UNTUK MENANGGULANGI KESALAHAN KESALAHAN KONSEP PENGETAHUAN BAHAN TEKNIK MESIN SISWA SMK TEKNOLOGI

Tasliman, M. Ed. (2006) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETEKNIKAN BERDASARKAN PENDEKATAN SIKLUS BELAJAR UNTUK MENANGGULANGI KESALAHAN KESALAHAN KONSEP PENGETAHUAN BAHAN TEKNIK MESIN SISWA SMK TEKNOLOGI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Tasliman.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diharapkan akan menghasilan pertama model teoritik pembelajaran berbasis siklus untuk menaggulangi kesalahan konsep dalam mata pelajaran pengetahuan bahan teknik, dan kedua hasil uji ekperimen tentang membelajaran tersebut. Pengembangan model teoritik pembelajaran pengetahuan bahan ini di dasarkan atas informasi teoritik dan “expert judgements”. Pengembangan paket pembelajaran dengan menggunakan model perencanaan pembelajaran Dick dan Carey. Informasi tentang hasil pembelajaran ini di dapatkan melalui uji eksperimen. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa model teoritik dalam pembelajaran pengetahuan bahan teknik memiliki lima komponen atau tahapan yaitu, pendahuluan, eksplorasi, invensi, expansi dan pengujian. Langkah-langkah tersebut digunakan dalam pengembangan pembelajaran. Setelah model pembelajaran ini dilakukan pada siswa SMK kemudian dilakukan uji beda terhadap siswa eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yang ditunjukkan ternyata terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedu a kelompok tersebut (F = 22,75; p<0.05). Kata kunci : model, siklus, belajar FT, 2006 (PEND. TEK. OTOMOTIF)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item