Hidayat, Mohammad Taufik (2016) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PLC BERBASIS KOPETENSI PADA KARYAWAN PT BUKAKA TEKNIK UTAMA JAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Mohammad Taufiq H 10518241011.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PLC BERBASIS KOPETENSI PADA KARYAWAN PT BUKAKA TEKNIK UTAMA JAKARTA Oleh: Mohamamad Taufiq Hidayat NIM. 10518241011 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengembangkan model pelatihan PLC berbasis kompetensi yang efektif untuk diterapkan pada training center PT Bukaka Teknik Utama Jakarta; (2) mengetahui kualitas model pelatihan PLC berbasis kompetensi; (3) mengetahui kualitas perangkat model pelatihan yang dihasilkan. Pengembangan model pelatihan PLC berbasis kompetensi menggunakan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkahlangkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh ahli model, peer reviewer, dan ahli media. Penilaian perangkat pelatihan dilakukan oleh reviewer, yaitu 2 orang instruktur pelatihan dan 1 orang kepala diklat di industri yang meliputi penilaian kualitas masingmasing produk yaitu buku panduan pelaksanaan pelatihan, jobsheet, dan simulator penerapan PLC. Sedangkan penilaian model pelatihan dilakukan oleh peserta pelatihan untuk mengetahui respon peserta terhadap model pelatihan yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah model pelatihan PLC berbasis kompetensi yang memuat materi pemrograman PLC mulai dari pemrograman dasar sampai pada tingkat lanjut. Kualitas perangkat model pelatihan PLC berbasis kompetensi secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 83,9%. Buku panduan pelaksanaan pelatihan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 83,3%, jobsheet termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 81,9% dan simulator penerapan PLC termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 91,7%. Kualitas model pelatihan PLC berbasis kompetensi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 78,9%. Model pelatihan PLC berbasis kompetensi masih perlu dilakukan pengembangan dalam ruang lingkup yang lebih luas agar dapat terus disempurnakan dan layak menjadi model pelatihan yang siap digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di industri. Kata kunci: Penelitian pengembangan, Model Pelatihan, Pelatihan di industri, Pelatihan Berbasis Kompetensi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 30 May 2016 01:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33475 |
Actions (login required)
View Item |