LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Anggraini Bhuwaneswary, Anggraini Bhuwaneswary (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing – masing. Kegiatan PPL memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi paedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan – permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya. PPL dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlangsung sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program layanan yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling yang bertujuan memfasilitasi proses bimbingan dan pengotimalan potensi yang dimiliki oleh siswa. Pada realisasinya program berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan tujuan yang ingin dicapai. Kegiatan PPL ini dilaksanakan selama jam pelajaran yaitu menggunakan jam pelajaran yang kosong karena tidak ada jam masuk kelas khusus BK, dan diluar jam pelajaran seperti saat istirahat dan pulang sekolah. Program kegiatan BK yang diselenggarakan di sekolah disusun bertujuan untuk mengoptimalkan potensi, bakat dan minat yang dimiliki siswa serta mendukung perkembangan diri siswa. Selain itu ,juga sebagai pelatihan bagi praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya.dengan demikian, praktikan memiliki pengalaman dan keterampilan dalam menjalankan berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program kegiatan bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam setting sekolah sehingga mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33047

Actions (login required)

View Item View Item