PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERENANG GAYA CRAWL.

Agus Supriyanto, M.Si (2010) PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERENANG GAYA CRAWL. [Experiment/Research]

[img] Text
06_Agus_Supriyanto.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan terhadap keterampilan teknik dasar berenang gaya crawl. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan randomized pretest posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra Sekolah Dasar Negeri 4. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diambil dengan teknik purpusive random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari (1) variabel bebas: gaya mengajar komando dan latihan, dan (2) variabel terikat: keterampilan teknik dasar berenang gaya crawl. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran terhadap keterampilan dasar renang gaya crawl meliputi gerakan tangan, kaki, nafas, dan kombinasi ketiganya dengan indikator penilaian sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t. Untuk menguji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas data dengan kolmogorof-smirnov dan uji homogenitas dengan chi-squere dan dilanjutkan dengan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar berenang gaya crawl.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:38
Last Modified: 06 Aug 2012 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item