PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL GUIDED INQUIRY DAN LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI ASPEK SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP PADA TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Mariska, Fauzia Budi (2016) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL GUIDED INQUIRY DAN LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI ASPEK SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP PADA TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan model Guided Inquiry dengan model Learning Cycle 5E dan (2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Guided Inquiry dengan model Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent comparison-group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Bantul dengan jumlah 217 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode acak (random), yaitu cluster random sampling sehingga diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model Learning Cycle 5E dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan model Guided Inquiry. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan model Guided Inquiry dan Learning Cycle 5E, (2) lembar observasi sikap ilmiah, dan (3) soal pretest-posttest keterampilan berpikir kritis. Analisis yang digunakan untuk menguji perbedaan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis adalah uji Independent Sample T- Test. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan signifikan pada pencapaian sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan model Guided Inquiry dengan model Learning Cycle 5E yang mana skor rata-rata sikap ilmiah kelas dengan model Guided Inquiry lebih tinggi dari pada kelas dengan model Learning Cycle 5E, dan (2) terdapat perbedaan signifikan pada pencapaian keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Guided Inquiry dengan model Learning Cycle 5E dengan kriteria gain score sedang pada model Guided Inquiry dan kriteria gain score rendah pada model Learning Cycle 5E. Kata Kunci: Model Guided Inquiry, model Learning Cycle 5E, sikap ilmiah, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 23 May 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32842

Actions (login required)

View Item View Item