Peran Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab Lisan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton

Amiruddin, Mohammad (2012) Peran Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab Lisan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mohammad-amiruddin-10706251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan bahasa dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab lisan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Lingkungan bahasa meliputi interaksi santri dengan sesama santri dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab, peran interaksi santri dengan ustad dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab, dan peran interaksi santri dengan sesama santri dan interaksi santri dengan ustad secara bersamaan dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa kedua lisan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton yakni 130 santri. Sampel sebesar 95 santri ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes kompetensi berbicara dengan teknik wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran interaksi santri dengan sesama santri dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,192) dan bahasa Arab (0,089), peran interaksi santri dengan ustad dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,224) dan bahasa Arab (0,059), peran interaksi santri dengan dengan sesama santri dan interaksi santri dengan ustad secara bersamaan dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,285) dan bahasa Arab (0,158). Interaksi yang dilakukan santri dengan sesama santri dan ustad berpengaruh terhadap pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Santri yang sering berinteraksi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab memperoleh input yang lebih banyak dan mempunyai kelancaran atau kefasihan yang lebih baik dari pada santri yang tidak atau jarang berinteraksi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lingkungan bahasa, pemerolehan bahasa, bahasa Inggris, bahasa Arab
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 09:13
Last Modified: 30 Nov 2022 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32518

Actions (login required)

View Item View Item