LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Anggriawan Giri Anggrinta, Anggriawan Giri Anggrinta (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
abstrak.doc

Download (32kB)
[img] Text
BAB-1NEW.docx

Download (689kB)
[img] Text
BAB-III.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB-II.docx

Download (110kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang bertujuhan untuk mendapatkan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar mengenal dan memdalami semua kegiatan di Institusi pendidikan serta mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah.Baik ilmu yang berkaiatan dengan proses pembelajaran maupun ilmu yang berkaitan dengan administrasi pendidikan.Kegiatan PPL ini melaih mahasiswa untuk disiplin ilmu yang diperolah di kampus untuk di terapkan di lingkungan pendidikan ,baik formal maupun non formal.Selain itu kegiatan PPL juga untuk melatih mental dan kesiapan mahasiswa di dalam pendidikan luar kelas.Selain itu juga untuk menambah pengamalan wawasan dalam proses KBM,sehimgga mahasiswa mempunyai bekal ketika terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik yang handal. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 15 September 2015. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Teknik Listrik dan Elektronika Dasar dengan jumlah alokasi waktu setiap minggu sebanyak 16 jam untuk dua hari. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari Rabu dan Sabtu, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya minimal empat kali pertemuan dengan empat RPP berbeda. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman dalam mengendalikan kelas di saat KBM berlangsung, baik bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali, mengatasi berbagai permasalahan yang timbul serta mengelola waktu dalam kelas. Secara keseluruhan kegiatan ppl ini berjalan dengan baik,meskipunmasih ada kekurangan dalam hal teknis di dalam kelas contohnya yaitu dalam pengondisian kelas memang membutuhkan jam terbang yang cukup sehingga bisa mengondisikan kelas dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengolahan data nilai siswa , maka mahasiswa PPL mendapatkan hasil 30 siswa dapat mengikuti pelajaran, 2 siswa sedikit kesulitan dalam memahami pelajaran, 2 siswa sulit untuk mengejar ketertinggalan pelajaran, sehingga dapat disimpulkan kondisi siswa dalam kelas X TAV 2 masih dalam kategori baik. Harapannya,semua pengalaman yang di dapat selama PPL di SMK 1 Muhamadiyah Bantul dapat menambah kopentensi mahasiswa di saat terjun sebagai tenaga pendidik dan berguna bagi masyarakat,bangsa dan negara

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31802

Actions (login required)

View Item View Item