Pengembangan Model Asesmen Kompetensi Guru Seni Musik dalam Perspektif Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Action Learning

Utomo, Udi (2012) Pengembangan Model Asesmen Kompetensi Guru Seni Musik dalam Perspektif Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Action Learning. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-udi utomo-08701261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen kompetensi guru seni musik dalam perspektif pelaksanaan pembelajaran berbasis action learning. Produknya berupa instrumen asesmen kompetensi guru beserta pedoman proses, pedoman pengukuran, dan pedoman pengolahan data yang dapat digunakan untuk pembinaan dan pengembangan profesionalitas guru seni musik di sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) yang diadaptasi dari desain model Borg & Gall dan desain model siklus yang dikembangkan oleh Cenamo & Kalk. Langkah pengembangan terdiri dari dua tahap yakni tahap pengembangan model dan diseminasi. Pada tahap pengembangan model dilakukan kegiatan perencanaan model, perancangan model, dan uji coba. Pada tahap diseminasi, dilakukan publikasi hasil penelitian melalui kegiatan seminar dan atau jurnal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pengembangan model asesmen kompetensi guru seni musik dalam perspektif pelaksanaan pembelajaran berbasis action learning ini dilakukan dengan mengacu pada kompetensi pedagogik dan professional; (2) tujuan asesmen untuk menilai kompetensi guru seni musik dalam konteks pembelajaran berbasis action learning yang meliputi kompetensi guru dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran seni musik, mengembangkan materi musik (komposisi dan aransemen), dan kompetensi guru dalam bernyanyi dan memainkan alat musik (sight singing, sight reading, dan kreativitas); (3) validitas instrumen asesmen yang dikembangkan telah teruji melalui penilaian para ahli (expert judgement) yang dilakukan selama dua tahap; (4) reliabilitas instrumen asesmen berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Intraclass Correlation Coefficients/ICC tipe consistency dan absolute agreement definition telah memenuhi kriteria yang ditetapkan (tipe consistency r≥0.70 dan tipe absolute agreement r≥0.60); (5) dalam proses uji coba, model asesmen kompetensi guru yang dikembangkan dapat diaplikasikan sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan dalam panduan pelaksanaan; (6) seluruh komponen instrumen asesmen yang dikembangkan, berdasarkan penilaian para rater dinyatakan sudah jelas dan memadai; dan (7) sebagai pedoman dalam penerapan, telah disusun buku panduan yang berisi uraian tentang pembelajaran berbasis action learning, tujuan asesmen, materi asesmen, kriteria rater, suplemen rubrik, rubrik asesmen, butir penugasan (task), lembar scoring, dan interpretasi hasil uji kompetensi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: asesmen, kompetensi, pembelajaran, action learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 04:21
Last Modified: 27 Jul 2022 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31749

Actions (login required)

View Item View Item