Model Konseling Lintas Budaya Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Di DIY Untuk Menciptakan Akulturasi Psikologis Siswa

Agus, Basuki, M.Pd. (2016) Model Konseling Lintas Budaya Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Di DIY Untuk Menciptakan Akulturasi Psikologis Siswa. [Experiment/Research]

[img] Text
laporan.docx

Download (66kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana model konseling lintas budaya bagi guru Bimbingan dan Konseling di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menciptakan akulturasi psikologis siswa. Oleh Karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan model konseling lintas budaya bagi guru Bimbingan dan Konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan (Research and Development atau sering disingkat R & D). Penelitian ini dirancang untuk tiga tahap. Pada tahap pertama research meliputi penelitian pendahuluan, studi hasil-hasil penelitian, dan penyusunan prototype pengembangan model konseling lintas budaya bagi guru Bimbingan dan Konseling. Studi hasil-hasil penelitian dimaksudkan untuk mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar dalam kaitannya dan memetakan standar kompetensi dan indikator pencapaian. Subjek utama penelitian ini guru Bimbingan dan Konseling di wilayah Yogyakarta. Sampel penelitian sesuai dengan tujuan penelitian (purpuse sampling) .Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan observasi langsung. Analisis data hasil pendahuluan dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif disertai dengan narasi yang sesuai dengan kepentingan penelitian. Pada penelitian tahap kedua development, prototype awal model dikembangkan menjadi model pengembangan. Kegiatan yang dilakukan meliputi uji validasi pakar, uji keterbacaan, revisi, melatih guru Bimbingan dan Konseling dan siswa sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta, uji coba terbatas dan uji coba diperluas menjadi model yang sesuai dengan konsep teoritis dengan data empirik di lapangan. Hasil uji dua ahli materi, yaitu adanya beberapa masukan sehinga model konseling lintas budaya bagi guru Bimbingan dan Konseling di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menciptakan akulturasi psikologis siswa telah memenuhi persayaratan yang layak digunakan untuk siswa sekolah menengah.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Disertasi Dokter 2015
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:04
Last Modified: 11 Apr 2016 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item View Item