Telaah Buku Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Ditinjau dari Kesesuaian Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum 2013

Fitriani, Fitriani (2015) Telaah Buku Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Ditinjau dari Kesesuaian Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-fitriani.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesesuaian buku pelajaran IPA kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah dan swasta dengan Standar Kompetensi Lulusan kurikulum 2013, dan (2) mendeskripsikan kesesuaian buku pelajaran IPA kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah dan swasta dengan Standar Isi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Populasi penelitian ini adalah buku pelajaran IPA kurikulum 2013 yang dipakai di sekolah sekota Yogyakarta. Sampel dipilih berdasarkan jumlah terbanyak pemakai buku yang dimaksud. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif dengan langkah membaca dan mencermati buku pada setiap subbab dan kegiatan, mengidentifikasi berdasarkan deskripsi pada lembar observasi, memberi skor pada lembar observasi, memberi deskripsi alasan penskoran, menghitung skor yang diperoleh, dan mendeskripsikan skor yang dimiliki berdasarkan kriteria yang ditentukan. Penelaah dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan guru IPA dengan kriteria telah mengajar IPA tingkat SMP/MTs minimal lima tahun lamanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi penilaian buku teks yang diadaptasi dari BSNP. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan menggunakan uji validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, dan objektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tabulasi data untuk kemudian dihitung nilai rata-rata dari setiap aspek yang ditelaah untuk dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku pelajaran IPA kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah yang disebarkan dalam bentuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dimensi sikap spiritual, sikap sosial, cakupan materi, akurasi materi, kemutakhiran dan kontekstual, ketaatan pada hukum dan perundang-undangan, dan keterampilan sudah sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan kurikulum 2013, kecuali cakupan materi yang belum sesuai, dan untuk buku swasta ketidaksesuaian ada pada aspek sikap spiritual; serta (2) Standar Isi yang disebarkan dalam bentuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam buku pelajaran IPA kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah dan swasta untuk materi ke satu sampai tujuh sudah sesuai dengan dengan Standar Isi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:28
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item