Pengembangan Model Pembelajaran Competence Based Training (CBT) Melalui Pendekatan Collaborative Skill untuk Matakuliah Praktik di Perguruan Tinggi

Dwi Rahdiyanta, M.Pd. (2010) Pengembangan Model Pembelajaran Competence Based Training (CBT) Melalui Pendekatan Collaborative Skill untuk Matakuliah Praktik di Perguruan Tinggi. [Experiment/Research]

[img] Text (Document)
24_DWI_RAHDIYANTA.doc

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini direncanakan dilaksanakan selama dua tahun. Penelitian yang dilakukan pada tahun pertama bertujuan untuk: 1) menghasilkan seperangkat langkah dalam pengembangan model pembelajaran Competence Based Training (CBT) melalui pendekatan collaborative skill pada mata kuliah praktik pemesinan, 2) menghasilkan seperangkat kompetensi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill, 3) menghasilkan rumusan materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill, dan 4) mengetahui kelayakan dari materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill yang telah dirumuskan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan “Penelitian Pengembangan” (Research and Development). Penelitian tahun pertama dilaksanakan hingga tahap pengembangan model konseptual. Tanpa mengurangi validitas proses dan temuan dalam penelitian tahun pertama ini, Research and Development yang dikembangkan Borg dan Gall (1998: 84), diadaptasi dan diadakan sedikit modifikasi dalam tahapannya menjadi seperti berikut: 1) studi pendahuluan dan mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan, 2) penyusunan draft model yang akan dikembangkan termasuk mendefinisikan jenis kompetensi yang akan dikembangkan, merumuskan tujuan, menentukan urutan kegiatan dan membuat skala pengukuran, 3) mengembangkan prototipe awal untuk dijadikan model, 4) melakukan validasi model konseptual kepada para ahli atau praktisi, 5) merevisi model awal, berdasarkan rekomendasi hasil validasi. Lokasi untuk kegiatan penelitian ini adalah industri manufaktur yang ada di wilayah Yogyakarta dan Semarang serta Prodi D3 Teknik Mesin FT UNY. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Pada penelitian ini data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dan kemudian dipaparkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah: 1) langkah yang ditempuh dalam pengembangan model pembelajaran Competence Based Training (CBT) melalui pendekatan collaborative skill pada mata kuliah praktik pemesinan adalah studi pendahuluan, perumusan kompetensi, pengembangan model konseptual, validasi model konseptual, dan revisi model konseptual, 2) kompetensi yang akan dikembangkan dalam materi mata kuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill terdiri dari tiga kompetensi utama, yaitu pekerjaan bubut komplek, pekerjaan sekrap komplek, dan pekerjaan freis komplek, 3) rumusan materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill yang telah dihasilkan adalah job praktik pemesinan pembuatan Ragum, yang terdiri dari komponen Rumah Ragum, Batang Pemutar, Batang Ulir, Rahang Gerak, Rahang Tetap, Slider, dan Pengunci, 4) berdasarkan penilaian dari validator, rumusan materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill yang telah dihasilkan dalam kategori Sangat Baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 11 Sep 2012 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item