Heri, Retnawati and Samsul, Hadi and Edi, Prajitno (2011) Pengembangan Model Ujian Akhir Daerah untuk Memantau Kualitas Pendidikan di Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi. [Experiment/Research]
![]() |
Text
Lap Stranas2011_HeriRetno_UNY.doc Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni (1) mengembangan model ujian akhir daerah untuk menentukan kualitas hasil belajar antar sekolah/wilayah berbasis equating, (3) Melaksanakan ujicoba model dengn butir bersama, monitoring dan evaluasi, dan revisi, sehingga memperoleh model final ujian akhir daerah untuk memetakan kualitas keberhasilan pendidikan di era otonomi daerah dan desentralisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Tahap penelitin yaitu tahap pengembangan model berbasis equaating, ujicoba, monitoring dan evaluasi, dan revisi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (indept interview). Analisis data dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada tahun I yakni (1) telah disusun model hipotetik berbasis butir bersama (equating), (3) telah dilakukan uji model ujian dengan menggunakan model dengan butir besama (equating), dan melakukan revisi terkait dengan dasar pembuatan kisi-kisi ujian dan pendekatan teori yang digunakan pada penskoran sehingga memeroleh model akhir.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011 |
Uncontrolled Keywords: | model ujian akhir, model dengan butir bersama (equating) |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 06:30 |
Last Modified: | 15 Sep 2015 06:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |