MODEL EVALUASI PENJAMINAN MUTU SEKOLAH

Prof. Soenarto, Ph.D and Badrun, Kartowagiran and Amat Jaedun, DR (2011) MODEL EVALUASI PENJAMINAN MUTU SEKOLAH. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img] Text
ABSTRAK DAN ARTIKEL PENJAMINAN MUTU.docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model evaluasi penjaminan mutu sekolah, yang terdiri dari: (1) model evaluasi penjaminan mutu sekolah, (2) prosedur atau mekanisme pelaksanaan evaluasi penjaminan mutu sekolah, (3) instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah, dan (4) panduan untuk melakukan evaluasi penjaminan mutu sekolah. Penelitian yang diusulkan ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga (3) tahun. Penelitian tahun pertama yang sudah dilaksanakan, adalah mengkaji model evaluasi penjaminan mutu sekolah yang sudah ada (existing models), mengkaji teori dan hasil penelitian relevan, mengembangkan draf model dan prosedur atau mekanisme evaluasi penjaminan mutu sekolah, menyelenggarakan FGD untuk membahas draf model serta prosedur atau mekanisme, dan melakukan revisi draf model serta prosedur evaluasi penjaminan mutu sekolah. Penelitian tahun kedua, mengembangkan panduan penggunaan prosedur dan instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah, menyelenggarakan FGD untuk membahas draf panduan, melakukan uji coba instrumen, dan merevisi draf panduan serta instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah. Tahun ketiga, adalah kegiatan diseminasi draf model yang mencakup prosedur, instrumen dan panduan evaluasi penjaminan mutu sekolah, serta merevisi sehingga menjadi model evaluasi penjaminan mutu sekolah yang final. Pada tahun pertama, peserta FGD adalah 10 pakar dari perguruan tinggi dan LPMP, asosiasi profesi, yaitu Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI), Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), dan ADGEVI. Pada FGD ini materi yang didiskusikan adalah draf model dan prosedur atau mekanisme evaluasi penjaminan mutu sekolah. Hasil yang diperoleh dari penelitian tahun pertama adalah draf model dan prosedur atau mekanisme evaluasi penjaminan mutu sekolah yang sudah tervalidasi. Selain itu, dari kegiatan penelitian tahun pertama juga telah terselesaikan tiga penelitian anak payung yang dilakukan oleh tiga mahasiswa program S-2 Pascasarjana UNY dalam rangka penyusunan tesis, dengan judul: (1) Karakteristik Instrumen Tes dan Sistem Seleksi Siswa Baru Rintisan SMA Bertaraf Internasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, oleh: Friyatmi, (2) Analisis Hasil Ujian Nasional Kimia Rintisan SMA Bertaraf Internasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, oleh: Ika Pranita Siregar, dan (3) Penyetaraan Horisontal Perangkat Tes Ujicoba Ujian Nasional Matematika SMA Program IPA di SMAN Kota Yogyakarta, oleh: Hariyani.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2011
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 09 Sep 2015 06:53
Last Modified: 09 Sep 2015 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item