PENGEMBANGAN BAHAN PELAJARAN IPA BERBASIS IDEATIONAL LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BAGI SMP BERSTANDAR INTERNASIONAL DI PROVINSI DIY

Jumadi, Jumadi and Bambang, Subali and Das Salirawati, M.Si (2011) PENGEMBANGAN BAHAN PELAJARAN IPA BERBASIS IDEATIONAL LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BAGI SMP BERSTANDAR INTERNASIONAL DI PROVINSI DIY. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
DRAFT ARTIKEL JURNAL HIBAH BERSAING PROF JUMADI UNY 2011.docx

Download (68kB)

Abstract

Kreativitas merupakan faktor penyumbang terbesar terhadap keunggulan suatu bangsa, namun pembelajarannya di sekolah secara umum belum mendapatkan perhatian. Pembelajaran di sekolah secara umum baru sampai pada taraf basic learning dan applied learning yang menekankan pada pemahaman dan penerapan konsep, meskipun sekolah tersebut sudah berkategori RSBI. Semestinya untuk sekolah berkategori RSBI pembelajaran sudah sampai pada taraf ideational learning yang menekankan pada kreativitas. Salah satu kendala yang ada adalah belum adanya bahan ajar berbasis ideational learning yang dapat digunakan sebagai acuan. Penelitian ini memfokuskan pada tersedianya bahan ajar berbasis ideational learning tersebut. Tujuan akhir penelitian adalah tersosialisasikan dan terdiseminasikannya bahan ajar IPA berbasis ideational learning yang telah dikembangkan terhadap kreativitas siswa SMP RSBI. Penelitian dilakukan di dua SMP RSBI di Kota Yogyakarta yakni SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan peneliotian tahun ketiga dilaksanakan di 10 SMP RSBI di Provinsi DIY. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan penelitian yang dilaksanakan selama tiga tahun, dapat diperoleh simpulan bahwa (1) telah diperoleh buku ajar siswa untuk pembelajaran IPA di SMP RSBI kelas VII, (2) Secara faktual buku siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan kreativitas siswa RSBI yang karakteristiknya seperti SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta namun tidak dapat meningkatkan kreativitas secara nyata siswa RSBI yang karakteristiknya seperti SMP Negeri 8 Yogyakarta jika didasarkan pada nilai rata-rata. Namun penelusuran hasil orang per orang masih ditemukan sebagian kecil siswa yang dapat menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi dalam menyelesaikan postes untuk suatu item tertentu. Hal ini sesuai dengan preinsip kreativitas yang justru dicirikan oleh adanya sebagian kecil kelompok yang menamukan ide/gagasan/hal baru dan tidak selalu dalam semua hal, (3) hasil diseminasi atas dasar diskusi dengan para guru diperoleh simpulan tentang pentingnya buku panduan guru untuk memberikan petunjuk bagaimana penggunaan buku ajar siswa dalam pembelajaran. Buku panduan guru dapat berisi panduan penggunaan buku ajar siswa, dan panduan untuk menunjukkan peran guru dalam pembelajaran dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa. Sebelum disebarluaskan lebih jauh buku ajar yang dihasilkan perlu disempurnakan sesuai dengan hasil diseminasi yang telah dilakukan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, ideational learning, kreativitas, RSBI
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 01:33
Last Modified: 24 Aug 2015 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item