PERHITUNGAN AWAL STRUKTUR PITA DAN DENSITY OF STATE (DOS) FASA ANATAS DAN RUTIL DENGAN MODEL STRUKTUR KRISTAL SECARA EKSPERIMEN

Hari, Sutrisno and Sunarto, M.Si,, - (2011) PERHITUNGAN AWAL STRUKTUR PITA DAN DENSITY OF STATE (DOS) FASA ANATAS DAN RUTIL DENGAN MODEL STRUKTUR KRISTAL SECARA EKSPERIMEN. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
Artikel HB 2011-Hari Sutrisno.docx

Download (349kB)

Abstract

Perhutungan awal struktur pita dan density of state (DOS) untuk fasa anatas dan rutil yang terkandung dalam TiO2 nanopartikel telah berhasil dilakukan dengan metode DFT (Density Functional Theory) berbasis local density approximation (LDA) dengan program ADF (Amsterdam Density Functional). Perhitungan berbasis model struktur kristal atau posisi atom secara eksperimen untuk fasa anatas dan rutil yang dihasilkan dari kalsinasi H2Ti409 pada temperatur 900°C selama 4 jam. Hasil perhitungan diperoleh gap pita dari anatas sebesar 2,59 eV, sedangkan rutil memiliki gap pita sebesar 1,67 eV. Anatas merupakan jenis gap pita indirect dan direct, sedangkan rutil merupakan indirect.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2011
Uncontrolled Keywords: TiO2, anatas, rutil, DFT, DOS, struktur pita
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 01:28
Last Modified: 24 Aug 2015 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item View Item