Siti, Sudartini, M.A. and Sugirin, Ph.D. and Suciati, Suciati and Lusi, Nurhayati, M.Appl.Ling (2012) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INGGRIS SMP BERBASIS MULTIKULTUR SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN BUDAYA LOKAL. Artikel Penelitian Unggulan UNY.
|
Text
Artikel Ilmiah.docx Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar bahasa Inggris jenjang pendidikan SMP berbasis nilai-nilai multikultur yang diharapkan dapat mendukung upaya pemertahanan nilai-nilai budaya lokal di Indonesia. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dari modelnya Gall, Gall, dan Borg (2003), yang secara prinsip terkait dengan rencana pengembangan buku ajar bahasa Inggris SMP. Langkah proseduralnya adalah: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk bentuk awal, pengkajian produk bentuk awal oleh ahli, uji coba lapangan dan validasi, melakukan revisi, dan desiminasi. Pada tahun pertama , langkah yang dilakukan mencakup penelitian pendahuluan yang bertujuan melakukan identifikasi kebutuhan dan penyusunan rancangan buku bahan ajar (course grid). Kegiatan dalam penelitian pendahuluan ini meliputi identifikasi buku ajar bahasa Inggris SMP yang banyak digunakan di wilayah DIY, identifikasi tanggapan dan tingkat pemahaman guru bahasa Inggris tentang insersi budaya asing dalam buku ajar bahasa Inggris SMP, dan analisis aspek multikultur dan pola insersi budaya asing dalam buku ajar yang ada. Adapun penelitian pada tahun kedua ini, langkah yang dilakukan mencakup langkah-langkah: pengembangan produk bentuk awal, pengkajian produk bentuk awal oleh ahli, uji coba lapangan dan validasi, melakukan revisi, dan desiminasi penelitian pengembangan. Hasil yang diperoleh pada penelitian tahun pertama adalah identifikasi buku ajar yang digunakan di SMP di wilayah DIY, identifikasi tanggapan dan tingkat pemahaman guru tentang insersi budaya asing dalam bahan ajar bahasa Inggris SMP dan analisa global tentang aspek multikultur dan pola insersi budaya asing dalam buku ajar yang ada. Adapun target atau hasil yang dicapai dalam penelitian tahun kedua ini adalah terwujudnya model buku ajar bahasa Inggris bagi SMP berbasis multikultur.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Additional Information: | LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN UNY TAHUN ANGGARAN 2012 |
| Subjects: | LPPM |
| Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
| Depositing User: | LPPM UNY |
| Date Deposited: | 20 Aug 2015 03:08 |
| Last Modified: | 20 Aug 2015 03:08 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
