Model Penilaian Kinerja Guru

Badrun, Kartowagiran and Prof. Soenarto, Ph.D and Dr. M.Bruri, Triyono (2012) Model Penilaian Kinerja Guru. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MODEL PENILAIAN KINERJA GURU-1.docx

Download (243kB)

Abstract

Penelitian hibah pascasarjana ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian kinerja guru pasca sertifikasi, yang terdiri atas: (1) prosedur penilaian kinerja guru pasca sertifikasi, (2) instrumen yang digunakan untuk penilaian kinerja guru pasca sertifikasi, dan (3) panduan dalam melakukan penilaian kinerja guru pasca sertifikasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa pascasarjana agar cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian. Penelitian ini terdiri atas penelitian payung yang dilakukan oleh peneliti utama, dan penelitian anak payung yang dilakukan oleh mahasiswa. Artikel ini merupakan ringkasan laporan penelitian tahun pertama dan tahun kedua (2012) dari penelitian yang direncanakan tiga tahun. Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D). Pada tahun pertama (2011), yang dilakukan adalah mengkaji dan merevisi prosedur model penilaian kinerja guru yang telah dikembangkan tahun 2009 dengan mempertimbangkan masukan dan hasil penelitian anak payung. Tahun pertama, penelitian ini melibatkan tiga mahasiswa S2 PEP. Tahun kedua (2012), yang dilakukan adalah mengembangkan instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja guru, yang terdiri atas: (1) instrumen nomor 1, yakni soal tes keahlian guru (misal, Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika), (2) instrumen nomor 2, yakni instrumen untuk menilai portofolio terkait dengan pengembangan profesionalisme guru, misal karya ilmiah, penelitian tindakan, keikut sertaan guru dalam pelatihan dan seminar, (3) instrumen nomor 3, yakni instrumen untuk menilai kemampuan mengajar guru, dan (4) instrumen nomor 4, yakni instrumen untuk menilai kompetensi kepribadian dan sosial guru.Tahun kedua, mahasiswa yang dilibatkan ada tiga mahasiswa; satu orang mahasiswa S3 PEP dan dua orang mahasiswa S2 PEP. Pada tahun pertama, peserta FGD ke 1 adalah 12 pakar dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan peserta FGD ke 2 adalah 18 pakar dari berbagai asosiasi profesi pendidikan, misal HEPI, ISPI, ABKIN, ABKINDO, dan PGRI. Materi yang didiskusikan adalah prosedur sertifikasi Tahun I. Tahun kedua, peserta FGD adalah 12 pakar dari perguruan tinggi yang ada di Provinsi D.I. Yogyakarta dan materi yang didiskusikan adalah draf instrumen penilaian kinerja guru. Instrumen nomor 1 diujicobakan ke guru dan dilakukan analisis butir, instrumen nomor 2 ditelaah pakar, instrumen nomor 3 dan nomor 4 diujicobakan divalidasi dengan teknik analisis faktor dan estimasi reliabilitasnya digunakan koefisien G. Hasil penelitian tahun pertama adalah prosedur penilaian kinerja guru pasca sertifikasi, dan tiga mahasiswa magister yang terlibat lulus semua. Hasil penelitian tahun kedua adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja guru yang terdiri atas: instrumen nomor1, instrumen nomor 2, instrumen nomor 3, dan instrumen nomor 4. Selain itu, penelitian tahun kedua juga mampu mengantarkan dua mahasiswa S2 PEP menyelesaikan belajarnya, dan satu orang mahasiswa S3 PEP sudah mengumpulkan data penelitian untuk disertasinya.

Item Type: Article
Additional Information: HIBAH PENELITIAN TIM PASCASARJANA-HPTP (HIBAH PASCA) – TAHUN KE II
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Aug 2015 13:01
Last Modified: 06 Aug 2015 13:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item View Item