Pengembangan Model Pendidikan Life Skills 4-H (Head, Hand, Heart, And Health) Berbasis Kewirausahaan Melalui Experiential Learning Guna Mengurangi Kemiskinan Pedesaan

Sumarno, Sumarno and Dr. IIS, PRASETYO, MM and ENTOH, TOHANI (2013) Pengembangan Model Pendidikan Life Skills 4-H (Head, Hand, Heart, And Health) Berbasis Kewirausahaan Melalui Experiential Learning Guna Mengurangi Kemiskinan Pedesaan. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.docx

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilan suatu model pendidikan life skills 4-H berbasis kewirausahaan dalam rangka pengentasan kemiskinan di perdesaan, yang dapat bermanfaat bagi pihak berkepentingan baik pengambil kebijakan, praktisi, dan akademisi dalam mengembangkan masyarakat. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di tiga wilayah di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Data yang terkumpulan akan dianalisis menggunakan teknis analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelompok sasaran penelitian sebagian besar anggotanya mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan berbagai macam hasil pelatihan keterampilan yang sudah mereka ikuti sebelumnya; 2) model pendidikan kecakapan hidup 4-H yang dirancang berdasarkan pada kondisi empiris kelompok sasaran berupaya untuk mengoptimalkan berbagai potensi yang sudah dimiliki oleh anggota kelompok sasaran. Optimalisasi ini dilakukan melalui pendekatan experiential learning ditambah dengan muatan lifeskills 4-H; 3) hasil uji coba model dilanjutkan dengan analisis keefektivan model menunjukkan bahwa dari tiga kelompok sasaran secara keseluruhan mengalami peningkatan rata-rata kecenderungan persepsi tentang PKH 4-H. Hal ini bermakna metode yang dikembangkan telah sesuai harapan peneliti.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: experiential learning, kecakapan hidup 4-H, kewirausahaan, model
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 01:18
Last Modified: 29 Jul 2015 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item View Item