Asarina, Riski (2014) STUDI EKSPLORASI KENDALA-KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP WILAYAH KECAMATAN MOYUDAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
A. JUDUL SKRIPSI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Dan daftar Pusataka.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kendala-kendala guru dalam pembelajaran IPS di SMP wilayah Kecamatan Moyudan. Kendala-kendala tersebut dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupukan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPS di SMP wilayah Kecamatan Moyudan yang berjumlah 11 orang. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi guru yang ada di wilayah Kecamatan Moyudan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian inimenggunakan triagulasi sumber, sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kendaladalamperencanaanpembelajaran IPS meliputi: (a) Gurukurangmemahamikeseluruhan materi IPS yang dapat dipadukan. (b) Guru belum mempunyai buku pedoman yang dapat dijadikan acuan untuk membuat pemetaan secara terpadu. (c) Guru belum bisa membuat tema atau topik pembelajaran. (d) Guru kesulitanmenjabarkanKD ke dalam beberapa indikator materi. (e) Guru tidak mempunyai pedoman untuk membuat silabus terpadu (f) Guru kesulitan dalammengalokasikan waktu. (g) Guru kesulitanmenentukanmetodepembelajaran.(h) Membutuhkanwaktu yang cukup lama untuk membuat RPP. 2) Kendaladalampelaksanaanpembelajaran meliputi: (a) Tidak semua siswa siap untuk mengikuti pembelajaran IPS. (b) Guru kurang memahami keseluruhan materi IPS karena guru yang ada guru bidang studi.(c) Guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi IPS dengan waktu yang terbatas.(d) Penggunaan metode pembelajaran IPS yang bervariasi belum dapat diaplikasikan, (e) Siswa kurang mempunyai antusias pada mata pelajaran IPS. (f) Pendekatan CTL belum dapat diaplikasikan sepenuhnya karena kurangnya waktu, fasiltas, dan alat peraga. 3)Kendaladalamevaluasipembelajaran meliputi: (a) Guru kesulitan membuat instrumen penilaian proses. (b) Guru kesulitan mengembangkan instrumen dalam membuat soal tes.(c) Nilaiakhirtidakdapatditentukansendiriolehsalahsatu guru, tetapiharusadapenggabungannilaidaribeberapa guru IPS. Kata Kunci: Studi eksplorasi, kendala-kendala, pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23882 |
Actions (login required)
View Item |