MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE DISCUSSION GROUP (DG)-GROUP PROJECT (GP) KELAS VII B SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Ayu Wulandari, Retno (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE DISCUSSION GROUP (DG)-GROUP PROJECT (GP) KELAS VII B SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. HAL. DPN-DFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5 & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKASAN.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII B SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan menerapkan metode Discussion Group (DG)-Group Project (GP), 2) mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas dalam pembelajaran IPS kelas VII B SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan diterapkannya metode Discussion Group (DG)-Group Project (GP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif model Milles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata persentase keseluruhan indikator kreativitas siswa mencapai ≥ 76%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya untuk meningkatkan kreativitas antara lain: a) memilih topik masalah yang mampu mengajak siswa untuk kreatif dan berpikir luas dalam menyelesaikan suatu permasalahan, b) menggunakan katerampilan-keterampilan dalam pemecahan masalah dengan memberikan lembar diskusi kelompok dan proyek kelompok, c) mengikutsertakan siswa dalam menyusun kegiatan pembelajaran dengan melakukan diskusi atas permasalahan yang diberikan oleh guru dan membuat proyek kelompok, d) memberikan reward pada akhir pembelajaran terhadap siswa yang kreatif. 2) peningkatan kreativitas siswa pada hasil siklus I menunjukkan 68,84% pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mencapai 83,57% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu ≥ 76%. Kata Kunci: kreativitas, pembelajaran IPS, metode discussion group (DG)-group project (GP)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:10
Last Modified: 29 Jul 2015 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item View Item