STUDI EKSPLORASI PEMANFAATAN E-LEARNING OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 KLATEN

Gunawan, Arif (2013) STUDI EKSPLORASI PEMANFAATAN E-LEARNING OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V dan daftar pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada semakin modernnya proses pembelajaran di sekolah. E-learning adalah bentuk nyata perubahan tersebut. E-learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web, komputer, kelas virtual, dan kelas digital. Materi dalam pembelajaran tersebut dikirim melalui media internet. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMPN 2 Klaten yang berjumlah 336 siswa, karena siswa kelas VIII dan IX SMPN 2 Klaten sudah memanfaatkan dan menerapkan pembelajaran IPS melalui e-learning sudah lama dibandingkan dengan siswa kelas VII. Pemilihan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, yaitu kelas VIII dan IX yang berjumlah 84 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji Validitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS ada 3 (tiga) yaitu: (a) Pemanfaatan e-learning sebagai sumber belaajar; (b) Pemanfaatan e-learning sebagai media penyampaian materi; (c) Pemanfaatan e-learning sebagai media pemberian tugas. Siswa SMPN 2 Klaten kelas VIII dan IX sudah memanfaatkan e-learning, hal ini ditunjukkan dengan persentase pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS, yaitu: (a) Besar persentase e-learning sebagai sumber belajar adalah 37,8%; (b) Besar persentase e-learning sebagai media penyampaian materi pelajaran adalah 27,9%; (c) Besar persentase e-learning sebagai media pemberian tugas adalah 34,2%. Pemanfaatan e-learning dalam pembeajaran IPS yang paling tinggi adalah sebagai sumber belajar, kemudian media pemberian tugas, dan yang terendah adalah media penyampaian materi pelajaran. Kata kunci: E-learning, Pembelajaran IPS, Siswa SMPN 2 Klaten

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23856

Actions (login required)

View Item View Item