Gunawan, Arif (2013) STUDI EKSPLORASI PEMANFAATAN E-LEARNING OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
bab V dan daftar pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada semakin modernnya proses pembelajaran di sekolah. E-learning adalah bentuk nyata perubahan tersebut. E-learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web, komputer, kelas virtual, dan kelas digital. Materi dalam pembelajaran tersebut dikirim melalui media internet. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMPN 2 Klaten yang berjumlah 336 siswa, karena siswa kelas VIII dan IX SMPN 2 Klaten sudah memanfaatkan dan menerapkan pembelajaran IPS melalui e-learning sudah lama dibandingkan dengan siswa kelas VII. Pemilihan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, yaitu kelas VIII dan IX yang berjumlah 84 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji Validitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS ada 3 (tiga) yaitu: (a) Pemanfaatan e-learning sebagai sumber belaajar; (b) Pemanfaatan e-learning sebagai media penyampaian materi; (c) Pemanfaatan e-learning sebagai media pemberian tugas. Siswa SMPN 2 Klaten kelas VIII dan IX sudah memanfaatkan e-learning, hal ini ditunjukkan dengan persentase pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran IPS, yaitu: (a) Besar persentase e-learning sebagai sumber belajar adalah 37,8%; (b) Besar persentase e-learning sebagai media penyampaian materi pelajaran adalah 27,9%; (c) Besar persentase e-learning sebagai media pemberian tugas adalah 34,2%. Pemanfaatan e-learning dalam pembeajaran IPS yang paling tinggi adalah sebagai sumber belajar, kemudian media pemberian tugas, dan yang terendah adalah media penyampaian materi pelajaran. Kata kunci: E-learning, Pembelajaran IPS, Siswa SMPN 2 Klaten
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |