PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 BANTUL

Yoga, Prathama (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-YOGA PRATHAMA-08401241038.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajarsiswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Bantul melalui penerapan pembelajarankontekstual berbasis masalah dalam pelajaran PKn; (2) Peningkatan prestasi belajarsiswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Bantul melalui penerapan pembelajarankontekstual berbasis masalah dalam pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMANegeri 2 Bantul dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angket dan tes prestasi belajar siswa digunakananalisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajarankontekstual berbasis masalah dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapatmeningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Bantul. Hal inidibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa, pada siklus I siswa yang memilikiminat belajar kategori tinggi sebanyak 20 siswa atau sekitar 62,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau sekitar 81,25%. Aktivitas belajar siswa terusmengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebanyak 21 siswa atau sekitar 65,62%. Pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa atau sekitar 84,37%. (2) Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Bantul. Hal ini ditunjukkan pada siklusI nilai rata-rata siswa adalah 76,25, sebanyak 23 siswa atau sekitar 71,88% sudah berhasil memperoleh nilai ≥ 75 dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 81, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatanmenjadi 26 siswa atau sekitar 81,25% sudah berhasil memperoleh nilai ≥ 75.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item