Pengembangan SMK Model Indigenous Wisdom Tri Hita Karana

Putu, Sudira and Suminto A Sayuti, Ph.D and I Nyoman, Suastika (2013) Pengembangan SMK Model Indigenous Wisdom Tri Hita Karana. [Experiment/Research]

[img] Text
LAPORAN-STRANAS-PUTU-S-Tahun-2-UPLOAD.docx

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan kejuruan di SMK yang menerapkan nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana sebagai basis penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompetitif dan memiliki jati diri ke Indonesiaan. Tri Hita Karana adalah tiga penyebab manusia mencapai kebahagiaan berupa: (1) keharmonisan antara manusia dengan Tuhan (parhyangan); (2) keharmonisan antar sesama manusia (pawongan); (3) kaharmonisan manusia dengan alam lingkungan hidupnya (palemahan). Penelitian ini urgen dilaksanakan sebagai solusi atas masalah menurunnya nilai-nilai budaya, integritas, identitas nasional, dan daya saing bangsa. Penelitian ini adalah penelitian tahun ke 2 dengan target capaian Silabus, Subject Specific Pedagogy (SSP), Buku Pedoman Pengembangan dan Penyelenggaraan SMK Model Indigenous Wisdom THK dan artikel berkala ilmiah nasional dan internasional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan melibatkan berbagai metode melalui pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: tahap penelitian, tahap pengembangan, dan tahap validasi model. Penelitian awal ini menggunakan metode kualitatif ethnografi dengan desain pemaknaan secara menyeluruh dan mendalam dari berbagai artefact, tindakan dan kegiatan sosial budaya dan pendidikan kejuruan masyarakat Bali dalam kaitannya dengan pengembagan pendidikan kejuruan di SMK. Hasil pemaknaan kualitatif berupa cetak biru SMK Indigenous Wisdom THK kemudian digunakan sebagai basis pemecahan permasalahan pendidikan kejuruan di SMK dengan model IDEAL. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Singaraja mulai bulan Juni s.d November 2013. Pemilihan lokasi di SMKN 3 Singaraja dilakukan secara purposif dengan memperhatikan kebutuhan pengembangan SMK model kearifan lokal THK. Sebagai informan dan pelaksana pengembang SSP dari penelitian ini adalah kepala SMK, guru SMK, pejabat dinas Dikpora, dan siswa SMK. Silabus dan SSP SMK Model Indigenous Wisdom THK dikembangkan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan workshop. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Manusia THK adalah manusia yang memiliki keharmonisan dan keseimbangan antara jiwa, raga, dan daya hidupnya. (2) Pendidikan kejuruan humanis adalah pendidikan yang menumbuhkan keharmonisan jiwa, raga, dan daya hidup; (3) Guru/pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, merupakan unsur inti pengembangan kualitas dan relevansi pendidikan kejuruan di SMK dan harus memiliki kesadaran THK; (4) Nilai-nilai inti THK yaitu: 9 dari unsur parhyangan; 26 dari unsur pawongan; dan 11 dari unsur palemahan dapat dilatih dan dibudayakan melalui pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung. (5) Seluruh nilai THK perlu dianalisis strategi pembelajarannya. (6) Nilai-nilai tersebut dimasukkan dalam silabus, RPP, lembar kerja siswa, dan penilaian; (7) Penerapan nilai-nilai THK dalam interaksi pembelajaran di SMK diarahkan kepada penilaian pembentukan sikap hidup seimbang dan harmonis terhadap Tuhan, terhadap sesama, dan terhadap lingkungan hidup. (8) Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal. (9) Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN STRATEGIS NASIONAL 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:20
Last Modified: 23 Jul 2015 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23709

Actions (login required)

View Item View Item