EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Dwi Heti, Nurdiyanti (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I. PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. KAJIAN TEORI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V + daftar pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diajar dengan menggunaan model pembelajaran Problem Based Learning masalah riil atau nyata dengan masalah yang imajiner atau disimulasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi, randomized pre-test, post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta yang berjumlah 78 siswa dan terdiri dari 4 kelas. Jumlah sampel sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa perhitungan uji independent samples t-test dan gain score. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diajar menggunaan model pembelajaran Problem Based learning dengan masalah riil atau nyata dengan masalah yang imajiner atau disimulasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji independent t-test nilai t adalah 5,211 dengan db 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,021. Nilai t hitung hitung t, atau nilai Sig. 0,000 < 0,05. Besarnya efektivitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,6 (sedang) dan kelas kontrol 0,2 (rendah). Kata kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item