PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP N 3 COLOMADU, KARANGANYAR

Yesi Adistiya, Larasati (2014) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP N 3 COLOMADU, KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FIX.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu, (3) pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian inferensial dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Colomadu, dengan jumlah 256 siswa dan sampel sebanyak 93 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, lingkungan sekolah, dan kemandirian belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan teknik product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha, sebelum analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melihat F . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan sangat hitung signifikan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,424 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh positif dan sangat signifikan lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,514 Dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 .(3) Ada pengaruh positif dan sangat signifikan pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP N 3 Colomadu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 24,206 dan nilai F tabel sebesar 3,10 pada taraf signifikan 0,000. Pada variabel pola asuh orang tua diperoleh SR sebesar 37,1% dan SE sebesar 12,9%, sedangkan pada variabel lingkungan sekolah diperoleh SR sebesar 62,9% dan SE sebesar 22,1%. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23552

Actions (login required)

View Item View Item