FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI 2008 FIS UNY DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH

Hartutik, Sri (2012) FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI 2008 FIS UNY DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Abstrak B. inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL (RANGKUMAN SKRIPSI).pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini kebutuhan akan pendidikan merupakan hal yang penting terkait dengan tuntutan kehidupan yang semakin maju dan fasilitas pendidikan merupakan penunjang untuk menciptakan mutu pendidikan yang berkualitas. Perpustakaan merupakan fasilitas pendidikan yang tidak dapat dikesampingkan peranannya dalam proses pendidikan namun Perpustakaan sebagai tempat kegiatan pembelajaran justru tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja penyebab rendahnya minat mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2008 dalam memanfaatkan Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama terdiri dari Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2008, mahasiswa petugas Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah, Kepala Laboratorium dan Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah Priode 2009-2011. Sumber data sekunder diperoleh melalui arsip atau dokumen Perpustakaan Pendidikan Jurusan Sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan subjek penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber serta pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Tahap analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab rendahnya minat mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2008 FIS UNY dalam memanfaatkan Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah adalah karena faktor eksternal dan faktor internal. Dimana faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri individu yang dapat menyebabkan individu enggan untuk melakukan sesuatu dan faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat mahasiswa pendidikan sosiologi 2008 memanfaatkan Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah yaitu (1) gedung (2) koleksi referensi (3) pelayanan Perpustakaan kemudian faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu yang dapat mempengaruhi individu untuk bertindak dan faktor internal yang menyebabkan rendahnya minat mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2008 memanfaatkan Perpustakaan Pendidikan Jurusan Sejarah yakni (1) Malas (2) Rasa Nyaman (3) Adanya anggapan bahwa Perpustakaan Jurusan Sejarah milik Sejarah dan kurangnya sosialisasi. Kata kunci: Minat Mahasiswa, Pendidikan Sosiologi, Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item