Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter untuk Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Samsul, Maarif and Margana, Margana (2013) Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter untuk Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu model pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara khusus, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pembelajaran bahasa Inggris di SMP di DIY, (2) mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP di DIY, (3) mendeskripsikan persepsi guru bahasa Inggris, peserta didik, dan kepala sekolah terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan selama kurun waktu 3 tahun. Penelitian tahun pertama menitikberatkan pada mendeskripsikan proto tipe pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Saerah Istimewa Yogyakarta Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini melibatkan 20 guru bahasa Inggris dan 350 orang peserta didik dari 30 SMP yang berada di 2 kabupaten dan 1 Kota Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemilihan responden dilakukan melalui teknik sampling purposif dengan mempertimbangkan lokasi dan kualitas sekolah.Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded teori dan kombinasi pendekatan qualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan teknik ganda berupa angket, wawancara, observasi dan tes untuk memperoleh keajekan dan validitas data. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lapangan, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf diaplikasikan. Berdasarkan analisis data, disampaikan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, sebagian guru bahasa Inggris SMP di DIY belum melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter secara eksplisit dan komprehensif. Kedua, seluruh responden menyadari bahwa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat penting untuk dilakukan. Ketiga, sebagian besar guru bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pengembangan perangkat pembelajaran bahasa Inggris dan pelaksanaannya. Oleh karena itu, model pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter perlu dikembangan agar para guru bahasa Inggris SMP tidak mengalami kebingungan dalam memasukkan pendidikan karakter dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:47
Last Modified: 06 Jul 2015 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22621

Actions (login required)

View Item View Item